Selasa, 11 Juli 2017

#UPERP9UAS01 - Bizagi Pribadi dan Kelompok (Asli & PDF), Screenshoot Panduan Odoo & Master Data - Gita Timang

Halo! Kembali lagi di blog saya, kali ini saya akan meng-share tugas UAS yang pertama, yaitu pertama tentang Bizagi pribadi dan kelompok, screenshoot Odoo untuk panduan Modul Sales PT. HIPPO INDO dan yang kedua yaitu template. Bizagi saya bagikan dalam file aslinya dan PDF. Jadi pastikan sebelum kalian akan membuka file Bizagi punya saya, kalian sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini linknya saya lampirkan untuk Bizagi.

A. Bizagi Pribadi dan Kelompok & Screenshoot Panduan Odoo

Modul Sales
Bizagi Modeler
PDF

Kelompok
Bizagi Modeler
PDF


Screenshoot Panduan Menjalankan Odoo untuk Modul Sales PT. HIPPO INDO
1. Hal yang pertama saya lakukan yaitu membuka browser, lalu masuk ke dalam alamat web http://139.59.114.49:8069/ untuk mengakses database odoo. Setelah itu kita memilih nama database sesuai dengan nama kelompok kalo database kelompok saya yaitu o8-uperp9-hin-61-mda. Setelah mengakses, masukan password dan username. Setelah itu masuk lah kita di halaman database odoo kelompok.

2. Setelah itu, pilih nama modul Anda yang ada di atas yang berwarna hitam. Setelah masuk, kalian klik create yang ada di kotak merah dibawah tulisan Sales Orders. Setelah itu akan muncul tampilan web seperti Gambar Database 2


3. Setelah itu kalian perlu mengisi Request for QuotationRequest for Quotation adalah permintaan barang yang dibutuhkan oleh customer Anda. Setelah melakukan pengisian quotation Anda klik save yang berada di kotak merah atas, untuk menyimpan data permintaan.

4. Setelah melakukan pengisian data permintaan, lalu akan muncul lembar quotation seperti berikut ini. Ini menunjukan harga yang harus dibayar oleh customer Anda kepada perusahaan Anda. Lalu, klik confirm sale yang ada di dalam kotak merah.

5. Setelah itu akan muncul data sales order, lalu klik kotak merah untuk melihat delivery order.

6. Lalu, akan muncul hasil dimana Anda diminta untuk melihat ketersediaan barang di warehouse Anda, dengan meng-klik kotak merah bertuliskan check availibility.

7. Setelah melakukan pengecekan ketersediaan barang, jika semua barang masih tersedia, selanjutnya melakukan transfer, dengan meng-klik kotak merah bertuliskan transfer.

8. Lalu, kemudian melihat kembali barang-barang yang akan di transfer. Apakah sudah sesuai dengan yang di pesan atau belum. Jika belum tinggal menambahkan barang yang kurang yaitu dengan menekan tulisan add an item lalu masukan nama produk, jumlah, lokasi ketersediaan dan destinasi lokasinya. Jika sudah sesuai klik apply di kotak merah.

9. Sesudah itu, jika status dalam sales orders sudah berubah menjadi done, tinggal membuat invoice nya saja, dengan cara menekan kotak merah yang bertuliskan create invoice.

10. Kemudian setelah menekan tombol tersebut, Anda membuat draft invoice customer Anda. Dengan memasukkan data dan tanggal. Setelah itu Anda klik create di kotak merah bawah.

11. Setelah itu Anda akan muncul di tampilan web seperti Gambar Database 10. Yang harus Anda perhatikan yaitu status dari customer invoice Anda masih dalam bentuk draft, sehingga belum dapat di akses. Yang harus Anda lakukan yaitu membuka file tersebut lalu mengisinya kembali.

12. Setelah itu Anda akan muncul ke dalam lembaran draft invoice Anda, untuk menjadikannya done Anda perlu mengesahkannya terlebih dahulu, caranya Anda klik kotak merah bertuliskan validate.

13. Setelah itu invoice Anda sudah jadi. Anda hanya perlu mengirimkannya. Dengan meng-klik kotak merah bertuliskan send by email atau print. Untuk print jika pembelian langsung dan send by email untuk pembelian menggunakan internet (website).

14. Setelah mengirimkan invoice, Anda perlu melakukan register payment, dengan meng-klik kotak merah bertuliskan register payment.

15. Setelah itu muncul pay invoice yang akan Anda buat. Silahkan mengisi metode pembayarannya di kotak payment method. Lalu klik kotak merah bertuliskan register payment jika sudah selesai.

16. Setelah itu invoice maupun payment sudah selesai Anda buat untuk customer Anda. Lalu Anda hanya perlu memastikan tugas Anda selesai dengan kembali ke halaman utama sales orders dan melihat status di kolom paling kanan. Jika sudah ada tulisan done maka Anda sudah selesai melakukan pekerjaan modul sales di Sales Orders.



B. Master Data
Berikut ini saya lampirkan master data dari blog saya ke dalam link:


Terima Kasih :)
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#UPERP9UAS05 - Memasukkan Data Tugas & PPT UAS PT HIPPO INDO - Gita Timang

Halo guys! Kali ini untuk UAS 05 singkat saja, saya akan membagikan cara memasukkan data tugas dan juga membagikan link PPT kelompok k...